Sektor Maritim Bisa Jadi Unggulan

Sektor Maritim Bisa Jadi Unggulan

CIREBON - Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi mendorong sektor maritim menjadi unggulan. Mengingat wilayah Indonesia didominasi oleh lautan ketimbang daratan.

Targetan ini diupayakan tercapai melalui penguatan fondasi di tahun 2024. Sehingga dalam penyusunan perencanaan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) 2025-2045, sektor maritim menjadi haluan unggulan yang dapat diandalkan di kancah internasional.

Staf Ahli Kemenko Marves Bidang Sosio Antropologi, Dr Tukul Rameyo Adi MSc disebutkan salah satu fokus utama adalah menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap sektor maritim sehingga mau menjadi SDM handal pelaku kebangkitan sektor maritim di tanah air.

Baca juga:

Terpidana Mati Cai Changpan Diduga Masuk Hutan Tejo Bogor, Mampu Bertahan karena Mantan Tentara

Unik, Ada Goa Tersembunyi di Tengah Kota Cirebon

Menilik Sumur Soka di Keraton Kasepuhan Cirebon

Tahapan yang dilakukan pihak sat ini adalah memperbanyak literasi keilmuan dan kajian akademik mengenai unggulan potensi potensi kemaritiman. Proses ini pihaknya menggandeng akademisi perguruan tinggi dan para guru pengajar di sekolah-sekolah yang punya jurusan berkaitan dengan kemaritiman.

“Literasi mengenai kemaritiman yang ada saat ini masih minim. Kita dorong dunia akademik mengembangkan riset kemaritiman dan mendokumentasikannya untuk menjadi bahan referensi,” ujarnya dalam forum grup discussion (FGD) yang bekerja sama dengan Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan (FKTP) Univeraitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon, di salah satu hotel kawasan Jalan Wahidin, Sabtu (3/10).

Kemudian, pihaknya juga mendorong inovasi dari para pelaku sektor kemaritiman. Sehingga, produk dari sektor kemaritiman ini terus mengalami peningkatan kualitas.

Kemudian, pihaknya juga berupaya untuk terus mengenalkan potensi kemaritiman. Termasuk produk-produk unggulannya melalui berbagai kanal informasi. Dengan begitu masyarakat bisa mengenal dan tertarik pada sektor kemaritiman, terutama generasi muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: